Rabu, 10 November 2010

Karakteristik Situasi Konsumen

Pengaruh Situasi dapat dipandang sebagai pengaruh yang timbul

dari faktor yang khusus untuk waktu dan tempat yang spesifik yang

lepas dari karakteristik konsumen dan karakteristik obyek.

Situasi Konsumen adalan faktor lingkungan sementara yang

menyebabkan suatu situasi dimana perilaku konsumen muncul pada

waktu tertentu dan tempat tertentu.

5 Karakteristik Situasi Konsumen

1. Lingkungan Fisik

Sarana fisik yang menggambarkan situasi konsumen yang meliputi: lokasi, dekorasi, aroma, cahaya, cuaca dan objek fisik lainnya yang ada di sekeliling konsumen.

2. Lingkungan Sosial

Kehadiran dan ketidakhadiran orang lain pada situasi tersebut.

3. W a k t u

Waktu atau saat perilaku muncul (jam, hari, musim libur, bulan puasa, tahun baru). Waktu mungkin diukur secara subjektif berdasarkan situasi konsumen, misal kapan terakhir kali membeli biskuit. Arti kapan terakhir kali akan berbeda antarkonsumen.

4. T u j u a n

Tujuan yang ingin dicapai pada suatu situasi. Konsumen yang belanja untuk

hadiah akan menghadapi situasi berbeda dibandingkan belanja untuk

kebutuhan sendiri.


5. Suasana Hati

Suasana hati atau kondisi jiwa sesaat, misalnya perasaan khawatir, tergesagesa,

sedih, marah, yang dibawa pada suatu situasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar